Sabil, Karya Kaligrafi Terbaik Sami Afandi Tersedia Disini (Download)


Sami Afandi, adalah salah satu kaligrafer terbesar yang pernah dilahirkan di dunia. Biografi dan karya karyanya sudah pernah kami tulis dalam postingan sebelumnya.
Pada kesempatan kali ini, kami akan secara khusus mengajak pembaca untuk melihat gambar  kaligrafinya yang sangat terkenal. Karya kaligrafinya ini sering disebut "sabil". Karena ia berisi 12 baris syair/ungkapan yang didalamnya terdapat kata "sabil" berulang sebanyak 3 kali. Atau karena kaligrafi ini diletakkan dijalan menuju tempat wudhu' masjid Yeni (Yeni Cami'), yang menjadi ikon Turki. 




Kaligrafi Arab


Pentingkah karya kaligrafi sabil ini ?


Sami Afandi telah mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam mengerjakan sabil. Sehingga hasil karyanya sangat indah. Sami mengerjakan karyanya ini dengan pena 11/4 (satu seperempat) sentimeter. ia menulisnya dengan tinta arsenik kuning diatas kertas hitam. lalu ia melakukan koreksi dan perbaikan dengan tinta hitam. Setelah jadi, karya ini menjadi master (qalib). Ketika hendak menyalinnya, digunakan jarum untuk melubangi tepi hurufnya. 

Perlu diketahui, bahwa kaligrafi sabil ini mendapat perhatian sangat besar dari para kaligrafer. Mereka berlomba lomba untuk mempelajarinya. Cetak birunya (qalibnya) diburu diseluruh dunia. Template asli karya ini tersimpan di Musium Topkapi Turki. Pada karya asli ini, terlihat nyata lubang lubang bekas tusukan jarum. 

Tertarik untuk memilikinya ? Beruntung blog Kaligrafi Islam berhasil mendapatkannya. File yang kami miliki ini adalah hasil usaha kaligrafer Alaa' al Banna. Silahkan anda download gratis. Dan gunakanlah untuk berlatih kaligrafi. 

Berikut ini petikan beberapa halamannya : 


سامي أفندي


Sami Afandi


DOWNLOAD QAWALIB SABIL KARYA SAMI

Nama File            :   Buku Qawalib Kitabat al Khattat Sami Afandi
Penyusun             :   Khattat Alaa' al Banna
Jumlah Halaman  :  27 halaman

https://drive.google.com/uc?export=download&id=1GFnDzWceEMvEISrWD6AtwK1Y8h3T8HM_

Beritahukan kami bila link rusak atau tidak bekerja. Jangan lupa berdoa untuk Sami dan pengarang buku ini. 

Artikel Seni Kaligrafi Islam. Mudah mudahan bermanfaat. Terimakasih. 


Posting Komentar untuk "Sabil, Karya Kaligrafi Terbaik Sami Afandi Tersedia Disini (Download)"