Mustafa Halim Ozyazici (1898 - 1964 M)

Mustafa Halim 

Lahir di distrik Uskudar Istanbul Turki pada tanggal 14 Januari 1898 M / 20 Sya'ban 1315 H. Ayah beliau bernama Haji Jamal Afandi berasal dari daerah Qarm (Krimea) yang sekarang masuk wilayah Russia. Sedangkan ibunya berasal dari Sudan. 

Setelah menyelesaikan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyyah ia melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Rusydiyah, dimana dirinya mulai tertarik kepada kaligrafi. Bakatnya juga dilihat oleh kaligrafer besar Turki Hamid Aitac. Maka Mustafa Halim menuju kepada Hamid untuk belajar kaligrafi. Saat itu, ia belajar khat riqƔh.

Ketika Madrasah Khattatin (sekolah kaligrafer) baru dibuka pada tahun 1914 M, pemuda Mustafa Halim adalah orang pertama yang mendaftar. Ia belajar disitu selama empat tahun, mempelajari seluruh jenis kaligrafi melalui para gurunya antara lain :
  • Hasan Ridho Afandi
  • Haji Ahmad Kamil Akdik
  • Khulusi Afandi
  • Ismail Haqqi (belajar Tughra)
  • Farid Bey (belajar diwani dan diwani jali)
  • Said Bey (belajar riqĆ”h)
Mustafa Halim sebelumnya juga pernah mempelajari seni ornamen dan gilding (fann zukhrufah wa tadzhib). Ia tertarik untuk mendalaminya lagi, maka ia mengikuti Sekolah SanĆ¢yi-i NefĆ®se Mektebi’ ( Ų§Ł„ŲµŁ†Ų§Ų¦Ų¹ Ų§Ł„Ł†ŁŁŠŲ³Ų© ) mengambil jurusan seni pahat dan seni lukis. 




Lulus dari Madrasah Khattatin tahun 1918, Ia bekerja di Qalam Diwani Hamayuni. Selanjutnya ia bekerja di percetakan militer saat ia mengabdi di militer. Ia kemudian ditarik ke percetakan milik negara, sambil bekerja sebagai pengajar kaligrafi di Daar Funun al Jamila sampai ia pensiun tahun 1963.

Ia pernah berhenti menjadi kaligrafer, saat pemerintah Musthafa Kemal mengeluarkan aturan larangan menulis Arab di Turki. Pemerintah Mustafa Kemal yang sekuler dan ke barat baratan ini memang pernah mengeluarkan aturan kontroversial pada tahun 1925, yang melarang penggunaan bahasa Arab. Aturan ini berlaku untuk adzan yang harus dirubah ke bahasa Turki, bahkan Al-Quran harus dibaca dalam bahasa Turki.   

Mustafa Halim wafat di Istambul pada tahun 30 September 1964 / 27 Jumada al Ula 1384, akibat kecelakaan lalulintas yang dialami 10 hari sebelumnya. Ia di makamkan di kompleks pekuburan Kozlu.

Kehebatan Karya Karyanya :

Sedikit scroll lagi kita akan menyaksikan karya karya Mustafa Halim Efendi yang dijamin akan sangat memukau. Mustafa Halim dikenal menguasai semua jenis kaligrafi. Dan ia menguasainya sangat cepat, dan menuliskannya juga dengan cepat. Karyanya banyak dijumpai diberbagai bangunan dan masjid masjid. 

Seorang kaligrafer berkata : 
Mustafa Halim itu badannya pendek, tetapi tulisannya membuat iri para kaligrafer lainnya.

Berikut ini karya karyanya :






















Jannatu adnin mufattahatun lahumul abwaab



Biografi Dan Karya Karya Mustafa Halim Ozyazici ini ditulis kembali oleh Seni Kaligrafi Islam dengan memperhatikan sumber sember tertera dibawah ini. 

 All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.

Sumber :

Posting Komentar untuk "Mustafa Halim Ozyazici (1898 - 1964 M)"